Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Monday 28 December 2015

9 Makanan Peningkat Konsentrasi

Tips Sehat Cantik - Konsentrasi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan terlebih di dalam kehidupan kita. Banyak sebagian orang mengeluh tentang masalah konsentrasi. Pertambahan usia merupakan salah satu faktor penurunan konsentrasi, tapi tahukah Anda masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah ? Penurunan konsentrasi dapat disiasati dengan makanan – makanan yang kita konsumsi.
Berikut adalah makanan dan minuman yang dapat membuat Anda tetap konsentrasi dalam bekerja.

1. Kafein
Tak dapat dipungkiri. Kafein merupakan juaranya dalam hal peningkat konsentrasi. Apabila kita mengonsumsi kafein dalam jumlah kecil, misalnya kafein dalam kopi, cokelat, dan lain-lainnya  bisa memberikan kewaspadaan agar kita lebih baik dalam berkonsentrasi. Tapi yang lebih penting juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya!

2. Gula atau Madu
Yang dimaksudkan disini bukanlah gula yang biasa Anda gunakan untuk membuat teh atau kopi. Gula yang dimaksud ini adalah glukosa yang berasal dari makanan yang Anda makan. Glukosa tersebut penting untuk membuat Anda waspada.
Tapi, bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes juga harus waspada dengan makanan yang terlalu manis, terutama yang berasal dari makanan olahan karena lebih berbahaya untuk tubuh Anda.

3. Sarapan
Apakah Anda seorang yang suka menyepelekan sarapan ? Tahukah Anda bahwa melewatkan sarapan bisa merusak memori dan kesehatan secara keseluruhan. Pastikan untuk makan minimal nasi putih atau semangkuk sereal, susu, dan buah-buahan sebelum melakukan rutinitas di pagi hari.

4. Makan Ikan
Asam lemak Omega-3 hadir dalam ikan. Kandungan tersebut jelas sebagai boostermemori atau pencepat daya ingat dan baik untuk jantung Anda.  Diet kaya asam lemak Omega-3 terbukti melawan stroke dan demensia.

5. Kacang-kacangan dan Dark chocolate
Mulailah hari Anda mengonsumsi kacang-kacangan. Itu sama artinya Anda telah mengonsumsi bagian baik dari Vitamin E dan nutrisi yang meningkatkan memori. Cokelat hitam juga mengandung bahan-bahan yang bisa membantu Anda tetap fokus. Disamping itu apabila anda hobi mengkonsumsi ini haruslah diimbangi dengan air putih.

6. Biji-bijian dan Alpukat
Dua jenis makanan ini menambah cadangan kolesterol baik. Mereka mengandung serat makanan yang memungkinkan arteri untuk rileks dan tidak membangun plak sehingga aliran darah lancar ke seluruh organ, termasuk otak dan jantung. Ketika otak Anda mendapat cukup oksigen dan kebutuhan lainnya, maka akan berfungsi secara optimal. Mitos mengenai alpukat menyebabkan darah rendah tidaklah benar melainkan alpukat bisa membuat aliran darah menjadi lancar.

7. Blueberry
Buah ini dapat melindungi otak Anda dari serangan radikal bebas serta menyelamatkannya dari kerusakan. Mengkonsumsi blueberry bisa melindungi otak Anda dari masalah yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.

8. Diet yang seimbang 
Cobalah untuk menambahkan berbagai makanan sehat dalam menu Anda setiap hari dan melihat dampaknya pada otak dan kesehatan secara keseluruhan. Diet yang keras sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan.

9. Suplemen
Suplemen sangat berguna bagi mereka yang bermasalah dalam diet mereka. Idealnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan konsentrasi Anda atau untuk setiap masalah lainnya.

Masihkah bingung mencari makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi ? Jangan mudah menyerah karena setiap makanan yang kita makan pasti ada manfaatnya dan tentu saja perhatikan kandungan gizi serta jangan berlebihan. Selamat Mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Makanan Peningkat Konsentrasi

0 komentar:

Post a Comment