Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Monday 28 December 2015

7 Efek Negatif Kebanyakan Tidur

Tips Sehat Cantik - Tidur merupakan hal yang sangat mudah dilakukan semua orang, tapi apakah orang yang selalu mudah untuk melakukannya itu baik ? Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Hal tersebut juga berlaku pada tidur. Tidak lah dianjurkan untuk selalu tidur pada manusia. Banyak orang yang mengatakan bahwa tidur yang berlebihan  Tetapi, bagaimana jika efek yang terjadi jauh lebih berbahaya dari apa yang tidak terfikirkan sebelumnya ?

Beberapa peneliti mengatakan bahwa tidur yang cukup dapat membantu kita menjadi lebih baik. Tetapi hal itu tidak berlaku jika kita tidur secara berlebihan. Berikut merupakan tujuh efek negatif pada tubuh yang disebabkan oleh kebanyakan tidur atau tidur yang berlebihan.

1. Memicu terjadinya depresi
Dalam sebuah penelitan, para peneliti menemukan bahwa durasi tidur seseorang yang panjang memicu seseorang untuk terkena depresi.Peserta penelitian yang tidur antara tujuh sampai sembilan jam semalam berpotensi 27% mengalami depresi. Sedangkan orang yang tidur sembilan jam semalam atau lebih memiliki potensi 49% terkena depresi.

2. Berpotensi merusak fungsi otak
Kelebihan tidur atau malah kebanyakan tidur khususnya pada wanita dapat memperburuk kondisi otak. Hal tersebut nantinya akan merusak fungsi kerja otak. Wanita yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malam (atau kurang dari lima jam setiap malam) menunjukkan perubahan pada otak mereka yang disetarakan dengan penuaan selama dua tahun.

3. Berpotensi menyulitkan wanita untuk hamil
Berdasarkan suatu penelitan dan survei yang dilakuakn ditemukan bahwa tingkat kehamilan tertinggi ada pada wanita yang tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam.Sedangkan tingkat kehamilan terendah ada pada mereka yang mendapatkan tidur sembilan sampai sebelas jam setiap malam. Tetapi, penemuan ini masih belum menemukan alasan hubungan yang jelas antara tidur dengan kehamilan.

4. Memicu munculnya diabetes
Orang yang tidur lebih dari delapan jam setiap malam memiliki dua kali kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Hal ini terjadi sangat jelas ketika seseorang tidur tidak terjadi pengolahan glukosa dan itu akan memicu adanya gangguan keseimbangan glukosa selama enam tahun.

5. Menambah berat badan seseorang
Orang yang tidur kurang atau lebih dari delapan jam setiap malam, mendapatkan berat badan yang lebih dalam jangka waktu enam tahun. Hal ini sangat berkaitan dengan poin ke-4 diatas.
Orang yang tidur sembilan sampai sepuluh jam semalam memiliki 25% kemungkinan untuk menambah berat badan sebanyak 5kg, walaupun mereka mencoba untuk melakukan diet.

6. Berpotensi memicu penyakit jantung
Tidur delapan jam atau lebih setiap malam dikaitkan dengan risiko gangguan kesehatan jantung.Hal ini disimpulkan dari data yang diperoleh melalui analisis yang dilakukan pada 3.000 orang. Mereka menemukan bahwa tidur yang terlalu lama berpotensi dua kali lebih besar terkena angin duduk (jantung iskemia) dan 1,1 kali risiko penyakit arteri koroner. Sangat berbahaya sekali !

7. Meningkatkan risiko kematian
Seperti yang dijelaskan pada poin ke-6 bahwa orang yang memiliki waktu tidur yang berlebih dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi karena pada saat seseorang tidur lebih lama maka asupan Oksigen ke darah sangatlah minim sehingga aliran darah ke jantung pun semakin sulit.

Kebanyakan tidur bagi sebagian orang menjadi hal yang biasa saja terlebih bila Anda usai melakukan pekerjaan yang berat dan tidur yang sudah lama pun masih terasa sebentar karena lelah yang didapat masih belum hilang. Tetapi setelah melihat ketujuh poin tersebut masihkan ingin tidur yang berlebihan ? Takutkah pada efek negatifnya ? Selamat Mencoba !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Efek Negatif Kebanyakan Tidur

0 komentar:

Post a Comment