Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Friday 29 January 2016

7 Manfaat Luar Biasa Beras Hitam

Tips Sehat Cantik - Beras adalah salah satu makanan pokok yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Tak hanya beras putih, ada banyak macam beras yang siap mengenyangkan serta menyehatkan tubuh Anda. Mulai dari beras cokelat, beras merah, hingga yang terakhir adalah beras hitam.


Walaupun warnanya yang sedikit aneh dan tidak menggugah selera namun beras hitam ini mengandung banyak mannfaat kesehatan yang baik bagi tubuh anda. Berikut adalah 7 manfaat luar biasa dari beras hitam..

1. Menyehatkan jantung
Pertama adalah menyehatkan jantung. Menurut penelitian dengan mengkonsumsi beras hitam sangatlah efektif untuk mengurangi risiko penyumbatan darah di arteri. Kandungan fitokimia di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Sehingga kedua kombinasi ini baik untuk mencegah penyakit jantung.

2. Mendetoks tubuh
Kedua adalah mendetoks tubuh. Di dalam sebuah penelitian juga disimpulkan bahwa beras hitam baik dalam proses detoksifikasi tubuh. Hal ini disebabkan karena beras hitam dapat membersihkan hati dari racun serta kandungan fitonutrien di dalamnya ampuh untuk mengurangi peradangan.

3. Menyehatkan pencernaan
Ketiga adalah menyehatkan pencernaan. Di dalam beras hitam kaya akan kandungan serat yang membantu dalam mencegah sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Beras hitam juga membantu dalam menurunkan kadar GI dalam darah.

4. Mencegah diabetes
Keempat adalah mencegah diabetes. Dengan makan beras hitam secara teratur efektif untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebab, lagi-lagi karena beras hitam efektif untuk menekan kadar gula dalam darah.

5. Mencegah obesitas
Kelima adalah mencegah obesitas atau kegemukan bagi anda yang  sedang diet. Bila anda bosan dengan beras merah, cobalah untuk mengonsumsi beras hitam. Penelitian menunjukkan bahwa makan beras hitam mampu mencegah resistensi insulin yang berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas.

6. Obat anemia
Keenam adalah obat anemia. Karena beras hitam kandungan zat besinya tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang akaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

7. Obat awet muda
Ketujuh adalah obat awet muda karena kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Manfaat Luar Biasa Beras Hitam

0 komentar:

Post a Comment