Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Sunday 17 January 2016

4 Makanan Yang Dapat Membuat Kamu Darah Tinggi

Tips Sehat Cantik - Bagi sebagian besar orang tidak memiliki masalah dengan tensi darah yang tinggi namun bagaimana dengan yang mempunyai masalah dengannya ? Kebanyakan orang yang punya masalah ini pasti bermasalah dengan yang namanya garam. Sebenarnya tak ada yang salah dengan garam. Namun bagi sebagian besar orang yang punya tensi darah yang tinggi dan juga sedang menjalankan diet pasti memiliki masalah apabila tersentuh dengan zat yang satu ini. Di semua makanan yang kita makan pasti mengandung yang namanya garam tapi tahukah anda ada beberapa makanan yang mengandung garam yang tinggi dan dapat membuat tensi kamu naik ? Berikut adalah empat makanan yang dapat membuat kamu darah tinggi.

1. Saus
Dalam beberapa jenis makanan kita mungkin akan sulit terlepas dari saus, baik saus sambal maupun saus tomat. Tetapi ternyata setelah diteliti saus sendiri bukan hanya banyak mengandung gula, tetapi sarat juga dengan garam. Saus bisa menyimpan sekitar 670mg sodium setiap porsinya. Sedangkan untuk salad dan makanan kecil lainnya bisa menyimpan sekitar 230-550mg setiap porsinya. Jika kamu kesulitan melepaskan diri dari saus, cobalah untuk membuat saus sendiri dengan bahan tomat, bawang putih dan kemangi.

2. Sayur kalengan
Sayur kalengan merupakan suatu solusi untuk sebagian masyarakat yang jauh dari pedesaan dan pasar tradisional. Dalam beberapa hal, kita memang tersudut untuk memilih sayuran dalam kaleng. Sayuran kaleng mengandung sekitar 376 sodium. Sebenarnya, ada pilihan lain yang lebih baik dari sayuran kaleng. Sayuran yang beku ternyata lebih baik dibandingkan dengan sayuran kalengan. Sayuran beku, biasanya langsung dibekukan begitu mereka terlepas dari tangan para petani. Jadi, sayuran beku memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan sayur kalengan.

3. Kacangan-kacangan asin
Sebagian besar orang pasti sangat menyukai jenis camilan satu ini. Biasanya saat sudah makan ini orang akan lupa diri dan timbul beberapa masalah. Kacang-kacangan sebenarnya sangat baik bagi tubuh namun ketika kita mengolahnya dengan garam berlebih hal ini malah akan membuat kacang itu menjadi berbahaya bagi orang yang memiliki tensi tinggi.

4. Cokelat panas
Woww.. Siapa yang tak suka dengan yang satu ini ? Minuman lezat yang satu ini pasti disukai oleh semua usia dan tak heran bagi sebagian dari kita kecanduan untuk meminumnya. Tapi tahukah Anda cokelat panas juga sarat dengan garam, terutama jika kamu menikmati cokelat panas instan. Cokelat panas instan ini mengandung 5-8 persen kelebihan sodium dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Walaupun beberapa makanan diatas sebenarnya mengandung gizi yang baik untuk tubuh namun dalam cara pengolahan dan kadar konsumsi sangatlah diperhatikan. Tak heran jika makanan yang kita kira sehat malah akan jadi pemicu penyakit jika kita salah mengolahnya. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Makanan Yang Dapat Membuat Kamu Darah Tinggi

1 komentar:

  1. kopi kayaknya juga bikin darah tinggi ga ya bro? klo kacang asin sih emang iya..pernah di buktikan soalnya hhehe

    ReplyDelete