Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Friday 15 January 2016

5 Macam Penyakit Yang Tidak Butuh Antibiotik

Tips Sehat Cantik - Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang paling sering kita dapatkan saat melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter atau pelayan kesehatan lainnya. Namun walaupun begitu demikian penting bagi kita untuk mengetahui kapan tubuh kita membutuhkan antibiotik. Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh ahli kimia ditemukan bahwa pengobatan yang tidak tertuju pada penyakit nya malah akan menyebabkan resistensi bakteri. Tahukah Anda bahwa ada beberapa penyakit yang tak perlu Antibiotik ? Berikut daftar penyakit yang tidak memerlukan peran antibiotik.
1. Infeksi pada telinga
Peristiwa infeksi pada telinga sering terjadi pada anak-anak. Walaupun sebagian besar infeksi telinga mampu sembuh dengan sendirinya dalam dua sampai tiga hari tanpa menggunakan obat-obatan, khususnya anak-anak usia 2 tahun atau lebih tua. Jadi peran Antibiotik tidaklah diperlukan pada saat infeksi tersebut tergolong baru dan hanya diperlukan saat anak-anak mengalami infeksi yang berat hingga membuat rasa nyeri yang tak tertahankan lagi.

2. Eksim
Kebanyakan para dokter sering melakukan kontrol gejala eksim dengan menggunakan antibiotik. Tetapi sebenarnya obat ini tidak berefek apapun untuk membantu meringankan gatal, kemerahan, atau kondisi kulit yang semakin parah. Penanganan yang lebih efektif mungkin bisa dilakukan dengan melembapkan kulit dan menghindari iritasi. Biasanya antibiotik harus diresepkan ketika ada tanda-tanda infeksi bakteri seperti benjolan atau luka penuh nanah, kulit menjadi sangat merah dan panas serta demam.

3. Mata merah
Tahukah Anda bahwa tak semua kasus mata merah disebabkan oleh bakteri. Mata merah bisa juga disebabkan oleh virus atau alergi. Sat mata merah disebabkan oleh bakteri pun, mereka akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Oleh karena itu kamu tidak memerlukan antibiotik untuk mengatasinya. Kamu akan memerlukan antibiotik dalam kondisi di mana mata merah menularkan bakteri yang didukung oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah.

4. Infeksi saluran pernapasan
Sebagian besar kasus flu, pilek batuk dan kasus pernapasan lainnya disebabkan oleh virus, sehingga antibiotik tidak akan membantu sama sekali. Radang tenggorokan adalah bakteri. Hanya sekitar 15% sakit tenggorokan pada orang dewasa disebabkan oleh radang. Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan antibiotik jika gejala berlangsung lebih dari 10 atau 14 hari.

5. Infeksi sinus
Sinusitis juga disebabkan oleh virus, dan bahkan jika bakteri adalah penyebabnya, infeksi seringkali menghilang tanpa pengobatan setelah berlangsung sekitar satu minggu. Ini membuatnya tidak membutuhkan antibiotik. Tetapi, pertimbangkan untuk menggunakan antibiotik jika gejala semakin parah atau tak kunjung mereda dalam waktu sekitar 10 hari.

Nah, ternyata penyakit yang sangat umum ada di kehidupan kita tak perlu menggunakan antibiotik. Jadi jangan selalu terima apa adanya ya kalau menerima obat. Cermati terlebih dahulu tujuan obat tersebut. Semoga Bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Macam Penyakit Yang Tidak Butuh Antibiotik

0 komentar:

Post a Comment