Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Wednesday 30 December 2015

5 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Sehat Cantik - Setiap organ tubuh memiliki fungsinya sendiri yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu organ vital yang perlu dijaga kesehatannya adalah ginjal. Ginjal merupakan organ yang menyaring darah dari zat sisa berupa urin di dalam tubuh.Pentingnya fungsi ginjal ini tak heran membuat semua orang sangat menjaga ginjal tersebut. Tetapi tidak sedikit yang menyepelekan kesehatan organ vital ini.

Banyak orang juga yang kurang memperhatikan kebiasaan yang dapat merusak fungsi ginjal tersebut contohnya adalah minum air putih. Kurangnya minum air putih dapat memicu kerusakan pada ginjal namun apakah dengan air putih saja ? Berikut lima tips untuk menjaga kesehatan ginjal

1.Makan Probiotik Setiap Hari
Probiotik dapat Anda dapatkan dari yogurt, ini adalah sumber utama probiotik yang mudah didapat. Bakteri baik dari yogurt ini bisa menguatkan ginjal dan membantu proses penyaringan zat sisa.

2.Minum Banyak Air
Sepertinya hal yang satu ini sangatlah sering kita dengar. Minum air putih merupakan salah satu kegiatan yang paling sederhana namun banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa minum 8 gelas per hari. Air membantu membuang zat sisa tubuh, terutama sodium (garam), urea dan berbagai racun di dalam tubuh. Jika urin berwarna kuning, itu berarti Anda kurang minum dan hal ini membuat ginjal bekerja keras.

3.Mengurangi Konsumsi Makanan Berfosfor
Fosfor berlebihan di dalam tubuh bisa membuat ginjal kesulitan menyaring darah, bahkan ginjal bisa berisiko mengalami pengerasan karena mineral ini. Hindari konsumsi minuman soft drink, berkarbonasi dan makanan berpengawet semacam sosis dan berbagai jenisnya. Jangan biasakan untuk membeli bahan makanan yang telah dibekukan karena dipercaya kandungan fosfor yang sangat tinggi di dalamnya.

4.Mengkonsumsi Makanan Sehat
Memperbanyak makan sayur dan buah sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit. Makan makanan yang segar dan hindari makan makanan rendah nutrisi seperti snack kemasan yang terlalu banyak garam atau makanan ringan yang banyak mengandung bumbu penyedap yang berbahaya bagi ginjal anda.

5.Jaga Tekanan Darah Dan Gula Darah
Penderita diabetes memiliki potensi merusak ginjalnya karena terlalu banyak gula di dalam darah. Begitu juga mereka yang memiliki hipertensi, karena darah mengalami tekanan lebih tinggi. Jangan terlalu banyak makan daging dan makanan berlemak. Selalu cek tekanan darah dan kadar gula dalam darah secara berkala dan juga hindari makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah dan gula darah itu.

Selain kelima tips diatas tidak salahnya ditambah atau diiringi dengan pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap terasa bugar. Hindari kegiatan yang dapat merusak ginjal anda karena ginjal sangatlah berharga untuk kehidupan kita. Selamat Mencoba !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

0 komentar:

Post a Comment