Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Wednesday 30 December 2015

3 Tes Penting Deteksi Penyakit Gagal Ginjal

Tips Sehat Cantik - Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang dapat membunuh secara diam-diam. Disebut seperti itu karena gejala dari penyakit ini seringkali tidak dirasakan oleh setiap penderitanya. Tetapi, ketika gejalanya sudah dapat dirasakan ternyata penyakit tersebut telah memasuki tahapan yang parah. Oleh sebab itu, deteksi dini atau pemeriksaan semenjak dini sangat diperlukan agar penyakit ini dapat segera ditangani secepatnya. 

Cara untuk mendeteksi atau memeriksakan penyakit gagal ginjal ini dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tes kesehatan. Berikut tiga tes kesehatan  yang berguna untuk mendeteksi penyakit gagal ginjal.

1.Tes Tekanan Darah
Yang pertama kali dilakukan adalah Tes tekanan darah, tes ini diperlukan untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah Anda. Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, sekitar 140/90 mmHg, maka bisa dipastikan Anda mengalami hipertensi dan akan lebih rentan terhadap penyakit seperti gagal ginjal. Tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg.

2.Tes Urine
Tes kedua adalah tes yang lebih spesifik yaitu tes urine. Tes urine ini dilakukan untuk mengecek kesehatan fungsi ginjal Anda dengan mengetahui jumlah Albumin Kreatini Ratio. Angka dari Albumin Kreatini Ratio ini digunakan untuk mengukur jumlah kebocoran albumin ketika ginjal mengalami kerusakan.Selain itu, pemeriksaan sampel urine ini juga bisa menjadi pemeriksaan visual untuk warna. Kita bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjal kita berdasarkan warna urine yang kita keluarkan. Jika urine berwarna terlalu keruh atau pekat, maka dapat dipastikan bahwa ginjal kita memiliki masalah.

3.Tes eGFR
Tes yang ketiga adalah Tes eGFR (estimate-Gromerular Filtration Rate). Tes ini diperkirakan dari hasil serum (atau darah) tes kreatinin. eGFR dapat memberitahu apakah ginjal Anda berfungsi dengan baik untuk menghilangkan limbah dari darah Anda. eGFR merupakan cara terbaik untuk memeriksa fungsi ginjal Anda. Jika GFR Anda menunjukkan angka 60 mL/men/1.73 m2 atau lebih, ini berarti ginjal Anda berfungsi dengan normal. Namun, apabila GFR Anda menunjukkan angka dibawah tersebut, ini menandakan bahwa Anda menderita penyakit gagal ginjal. Catatan penting untuk nilai GFR ini adalah bahwa nilai GFR menurun sesuai dengan usia Anda. Jadi semakin tua anda makan kadar GFR yang ada semakin menurun.

Itulah beberapa tes penting yang dapat anda coba untuk mendeteksi penyakit gagal ginjal. Jika ada hasil tes yang tidak sesuai maka dapat dipastikan ginjal anda memiliki masalah dan dapat langsung Anda tangani dengan tepat sesuai dengan masalahnya. Kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting karena ginjal merupakan organ vital Anda. Selamat Mencoba !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Tes Penting Deteksi Penyakit Gagal Ginjal

0 komentar:

Post a Comment